Figure Out
Sunday, November 16, 2008
No More ”Gaptek” Teacher

Hari Sabtu diawal bulan November ini saya diberi tanggung jawab untuk memberi materi pelatihan komputer kepada guru-guru TK di Depok. Subhanallah ketika saya mendapat tawaran mengajar ini jelas saya sangat senang dan antusias karena saya ingin berbagi ilmu lebih banyak lagi kepada banyak orang lain terutama kaum wanita yang biasanya agak malas belajar komputer hehehe ( ini berdasarkan pengalaman saya, masih banyak teman-teman saya yang ogah banget berkenalan lebih jauh dengan komputer.). Tapi ada juga kok sebagian teman-teman saya lainnya yang jago banget komputer dan ngerti bahasa pemograman.


Kelas komputer saya terbagi 3 kelas yaitu kelas guru-guru senior, guru-guru muda dan kelas anak-anak. Untuk kelas pertama adalah kelas yang basic/dasar banget dan diisi oleh ibu-ibu umur 30-40 tahun. Ibu-ibu ini benar-benar jarang bersentuhan dengan komputer jadi saya mulai mengenalkan komputer mulai dari cara menyalakan komputer. Seru juga mengajar ibu-ibu ini karena rasa antusias mereka untuk belajar sangat tinggi dan terkadang celetukan mereka tentang betapa groginya mereka berhadapan dengan komputer selalu bikin saya tertawa.


Lalu,kelas kedua diisi oleh guru-guru yang lebih muda dan tentunya sudah lebih paham namun mereka kurang mengekplorasi fungsi suatu program di komputer ya contohnya saja untuk mengukur batas kiri-kanan tulisan, menambah garis, menyisipkan gambar masih belum begitu paham.

Kelas ketiga tidak kalah seru adalah kelas anak-anak. Untuk anak-anak ini saya tidak mengajarkan Microsoft Word tapi cenderung yang lebih fun yaitu menggambar dengan Adobe Photoshop. Fitur-fitur di Photoshop memungkinkan anak-anak untuk menggambar layaknya menggambar di kertas gambar. Dan kali ini saya ingin anak-anak membuat komik dengan kreasi mereka sendiri. And they were look so happy with all that new challenge!


Saya pun tersenyum puasss jika semuanya paham pada penjelasan yang saya berikan. Dalam memberikan materi saya berusaha menggunakan bahasa sesederhana mungkin alias mudah dipahami, sesekali ngelawak ( bukan garing loh! ), jadi suasana kan gak teknik banget. Unsur fun harus ada karena belajar sesuatu hal baru memang sangat menyenangkan. So,now I bet no more ”Gaptek” Teacher!

posted by fit @ 11:58 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Just Say It All!
:: About Me ::

Name: fit
Home: BeKaSi, Indonesia
About Me: "I'm kinda person who like to see the sunrise,the trees,the blue sky and the rainbow.--What A beautiful gift from Allah The Great that we should be grateful 4 that--"
See my complete profile

:: Menu ::
:: Moslem Space ::
:: News Space ::
:: Design & Copywriting ::
:: Writing Space ::
:: Creative Folks on Space ::
:: Add Some Space ::
:: Search Space ::
:: Previous Post ::
:: Archives ::
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER