Figure Out
Wednesday, January 03, 2007
Suka Baca Sejak Dahulu Banget!
Dari kecil saya memang sudah suka nulis dan baca. Ibu saya sempet geleng-geleng kepala pas baca salah satu Cerpen saya yang settingnya anak SMA dan kuliah padahal saya waktu itu masih SMP. Waktu SD buku-buku kosong bapak abis ditulisin sama saya dengan nama-nama pasien khayalan dan obat-obat medis khayalan pas main dokter-suster geto. Saya juga punya buku khusus yang isinya puisi-puisi saya waktu SD. Hiks..hiks kemana ya tu buku. Isinya pasti lucu bgt.

Orang tua saya mengenalkan saya dengan banyak majalah,buku bacaan anak yang segudang jumlahnya sejak kecil. Sebut saja mulai dari Majalah Bobo (Wah, serial Pak Janggut, Oki & Nirmala ,Bona & Rong Rong top bgt tuh), MajalahAku Anak Saleh, Ayahbunda, pas remaja saya baca Gadis,Kawanku,Hai! sampai majalah ibu-ibu Amanah,Femina,Kartini,Nova. Buku-buku tentang menanam ubi,cerita rakyat sampai novel Mochtar Lubis juga saya lahap.
Nggak hanya orangtua yang menularkan virus membaca tapi teman-teman di SMP juga nularin virus-virus membaca. Dari teman yang bernama Nina,saya dikenalkan dengan novel-novel Agatha Christie,Lima Sekawan dan buku-buku karya Enid Byton. Sejak itu saya suka banget baca serial detektif. Pas SMP ada Erika dan Ina yang ngenalin saya komik Detective Conan. Pas pertama kali liat komik Conan saya bertanya-tanya apaan tuh komik kok kebanyakan tulisannya daripada gambarnya.

Nah,pas SMA ada Benny yang selalu siap sedia minjemin komik Detective Conan-nya yang sampai saat ini udah sampe serial ke 45. Hebaaat...Aoyama Gosho top banget!!!!
Baru deh pas kuliah baca-baca novel detektif Agatha Christie yang seri lainnya sambil nularin keteman lain untuk baca komik Conan. Di indonesia sepertinya belum banyak penulis yang nulis serial detektif dengan top-nya. Baru ada satu orang anak muda yang novel detektifnya wajib dibaca. Judulnya Detective Diary penulisnya Yokie Adityo Penerbit Gagas Media. Saat itu saya juga rajin banget bolak balik ke perpustakaan British Council demi baca buku-buku bagus disana. Sekarang mana sempet…

Lebih lanjut tentang buku-buku yang saya pernah saya baca ada di sini:


1.Judul : Acceleration
Penulis : Graham Mcnamee
Penerbit : Hodder Children’sBooks
Tahun terbit : 2003

Buku novel impor ini saya beli dengan harga murah di sebuah pameran buku. Novel ini bercerita tentang seorang remaja bernama Duncan yang bekerja paruh waktu ditempat ayahnya. Disana ia menemukan buku diary seorang pembunuh yang dia sebut “Roach”. Kekurangannya novel ini ada di alur cerita yang diulur-ulur hingga klimaks terlalu lama jadi bikin boring. Tapi setidaknya saya dapat kosakata baru dalam bahasa Inggris.

2. Judul : Agar Bidadari Cemburu Padamu
Penulis : Salim A. Fillah
Penerbit : Pro-U Media
Tahun terbit : 2005

Setelah membaca buku ini saya jadi semakin tahu bahwa Islam sangat memuliakan kaum perempuan. Buku ini juga membahas tentang kesetaraan gender yang saat ini selalu dipertanyakan. Buku ini tidak bosan dibaca karena sang penulis memaparkan opininya dengan bijak dan cerdas.

3.Judul : Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan
Penulis : Agus S.. Madjadikara
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2005

Buku ini menjelaskan cukup rinci bagaimana proses kreatif dibuatnya sebuah iklan yang sering kita lihat dan dengar di media massa atau media elektronik. Buku ini semakin berbobot karena sang penulis adalah pencentus slogan “Aku dan Kau Suka Dancow” untuk iklan susu Dancow dan juga “Gunakan Akal Sehat” untuk iklan minyak goreng Filma.

4. Judul : Blue Jean: What Young Women Are Thinking, Saying and Doing
Penulis : Sherry S. Handell
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2003

Buku ini menarik karena berisi perjuangan perempuan-perempun muda di Amerika dalam menyuarakan permasalahan mereka darimulai pelecehan seksual,masalah etnis & suku sampai ukuran tubuh.

5. Judul : Cewek!!!
Penulis : Esti Kinasih
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2005

Novel ini menceritakan tentang tiga cewek yang kebut gunung bersama tiga cowok mereka demi sebuah taruhan. Cukup seru karena buku ini mengambil latar pendakian gunung yang menegangkan. Orang yang membacanya pasti penasaran ingin ikut mendaki gunung juga.


6. Judul : Cinte Al Quran? Gue Banget…
Penulis : Siti Reedha
Penerbit : QultumMedia
Tahun terbit : 2005

Sang penulis Siti Reedha mengajak pembacanya untuk lebih mengenal dan mencintai Al Quran yang penuh keindahan. Membaca buku ini menyadarkan saya betapa selama ini kurang mendalami Al Quran. Bahasa yang disajikan juga cukup ringan bagi remaja.

7. Judul : Chicken Soup for The Soul at Work
Penulis : Jack Canfield dkk
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2004

Ini salah satu buku favorit saya karena banyak memberikan inspirasi dan semangat ketika saya menghadapi lingkungan baru dikantor.Top banget!!

8. Judul : Clueless In Advertising
Penulis : May Lwin dan Jim Atitchison
Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun terbit : 2005

Buku terjemahan ini cukup lengkap membahas perkembangan dunia periklanan mancanegara. Bidang-bidang pekerjaan dibidang iklan ini juga ikut dibahas sampai hal mengenai interview yang mungkin dihadapi oleh orang yang ingin bekerja dibidang ini. Di buku ini juga dimuat gambar-gambar iklan mancanegara yang menggelitik,kreatif dan jenius.

9. Judul : Detective Diary
Penulis : Yokie
Penerbit : Gagas Media
Tahun terbit : 2004

Ini adalah novel detektif made in Indonesia favorit saya. Tokoh utamanya yang bernama Javit berusaha mengungkap sejumlah kasus kriminal disekitarnya. Analisis kasus yang cukup cerdas di taruh di akhir novel menambah nilai plus. Footnote yang dibuat penulis pada novelnya sangat bermanfaat bagi pembaca untuk memahami istilah-istilah hukum. Latar belakang penulis yang seorang mahasiswa Fakultas Hukum ini benar-benar meghidupkan novel ini Buat Gagas Media terima kasih sudah menerbitkan buku ini. Sang penulis, Yokie patut dapat penghargaan. Buku novel ini layak dibaca!! Pokoknya nggak kalah sama novel impor. Selamat!!

10. Judul : How to be Writer
Penulis : Zaenuddin HM
Penerbit : Milenia Populer
Tahun terbit : 2004

Buku ini panduan praktis bagi orang yang ingin menekuni profesi penulis. Tinggal pilih saja mau mencoba menjadi penulis cerpen,penulis artikel,penulis iklan atau penulis skenario. Walau sampul bukunya kurang eye catching tapi buku ini cukup bermanfaat.

11.Judul : Antologi Milad FLP 2002 : Luka Telah Menyapa Cinta
Penulis : Gola Gong,Asma Nadia dkk
Penerbit : FBA Press
Tahun terbit : 2002

Ini merupakan kumpulan cerpen para penulis Forum Lingkar Pena yang dijadikan buku. Cerpen yang saya suka salah satunya berjudul “Lidah” karya Izzatul Jannah yang menyentil perilaku pengusaha kaya yang gengsian. Semua cerpen bercerita tentang realita hidup sekitar kita yang dikemas jadi lebih luar biasa.

12. Judul : Photoshop CS Accelerated
Penulis : Youngjin
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2005

Salah satu program desain grafis yang dibahas dibuku berhalaman 366 halaman ini adalah program Photoshop CS. Didalamnya dijelaskan bagaimana memanipulasi gambar dan menggunakan tools-tools yang ada. Buku ini cukup membantu para pemula yang ingin mempelajari Photoshop CS. Buku ini juga menyajikan gambar-gambar berwarna yang memukau dan juga CD untuk latihannya.

13. Judul : Segenggam Guman
Penulis : Helvy Tiana Rosa
Penerbit : Syaamil Cipta Media
Tahun terbit : 2003

Helvy Tiana Rosa sang pendiri FLP ini menuangkan segala sudut pandangnya atas karya sastra yang hadir di tanah air dan luar negri. Membaca buku ini menambah pengetahuan saya akan karya sastra.

14. Judul : Stephen King On Writing
Penulis : Stephen King
Penerbit : PT Mizan
Tahun terbit : 2005

Membaca buku ini seperti menyelami buku harian sang penulis besar yang terkenal dengan cerita-cerita thrillernya. Stephen King menceritakan masa kecilnya, perjuangan hidupnya bersama sang istri dan kecintaannya akan dunia menulis dengan detail dan membangkitkan semangat.

15.Judul : Telepon Genggam
Penulis : Joko Pinurbo
Penerbit : Penerbit Buku KOMPAS
Tahun terbit : 2003

Puisi-puisi yang dibuatnya Joko Pinurbo memang unik,beda,tak biasa. Ia membuat puisi seperti sedang bercerita. Puisi-puisinya termasuk padat kata juga jenaka. Itulah mengapa saya suka membaca puisi-puisinya. Puisi yang berjudul “Selamat Tidur” dan “Buku” bisa membuat saya tersenyum-senyum.


Insyaallah daftar buku yang saya baca akan terus bertambah. Tapi nggak mungkin juga saya tulis semua disini karena bakal kepanjangan dong ah!
posted by fit @ 4:17 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Just Say It All!
:: About Me ::

Name: fit
Home: BeKaSi, Indonesia
About Me: "I'm kinda person who like to see the sunrise,the trees,the blue sky and the rainbow.--What A beautiful gift from Allah The Great that we should be grateful 4 that--"
See my complete profile

:: Menu ::
:: Moslem Space ::
:: News Space ::
:: Design & Copywriting ::
:: Writing Space ::
:: Creative Folks on Space ::
:: Add Some Space ::
:: Search Space ::
:: Previous Post ::
:: Archives ::
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER