Figure Out
Monday, October 09, 2006
Mushalla Nan Sejuk di Plaza Semanggi

Saat akhir pekan ada sebagian masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk pergi berjalan-jalan ke Mal. Entah hanya untuk window shopping, mencari buku terbaru di toko buku ataupun belanja di supermaket. Nah, pada saat menjelang waktu shalat dzuhur atau ashar tiba umat Islam pastinya segera sibuk mencari tempat untuk shalat atau yang biasa kita sebut Mushalla. Anehnya tempat yang maha penting ini susah-susah gampang juga dicari di Mal. Ironis memang, mengingat masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Sepertinya para perancang bangunan Mal kurang begitu peduli dengan letak Mushalla yang strategis dan nyaman. Terkadang Mushalla yang ada dibuat sejadinya saja. Saya ambil contoh salah satu Mal terbesar di Bekasi yaitu Metropolitan Mal. Mushalla-nya terletak di lantai dasar di dekat parkiran mobil dan motor. Anda pasti bisa membayangkan betapa panas dan gerahnya tempat shalat disana. Belum lagi suara bising dari kendaraan yang pastinya mengganggu kekhusukkan shalat.

Tidak jauh beda dengan Mal besar lainnya di Jakarta misalnya. Di Mal seperti Blok M Plaza, Mal Ciputra, Mal Sarinah Plaza rata-rata menaruh letak mushalla di dekat parkiran mobil yang panas dan sempit. Cobalah anda datang ke Mal Blok M Plaza saat musim hujan tiba dan bisa dipastikan karpet mushalla bagian depan basah kuyup karena kehujanan. Belum lagi mukena yang diperuntukkan kaum wanita kondisinya sangat sangat kotor. Rasanya saya ingin menangis karena saat hendak shalat karena Allah tapi dengan keadaan tempat shalat yang tak pantas. Malu dan sedih. Tapi rasa sedih saya sedikit terobati saat saya mengunjungi Plaza Semanggi.

Alhamdullilah, Mushalla yang disediakannya disana sangat bersih, ber-AC pula. Alas kaki bisa dititipkan kepada petugas berseragam rapi dan ramah. Wah, rasanya anda pasti betah berlama-lama shalat disana. Dan yang lebih membahagiakan lagi kala waktu shalat tiba banyak terlihat eksekutif-eksekutif muda shalat disana. Subhanallah, mereka sampai berjubel-jubel dipintu masuk menunggu giliran untuk shalat mengingat mushalla-nya memang agak mungil.

Namun meski begitu mushalla di Plaza Semanggi sejauh ini adalah yang terbaik diantara mushalla di mal-mal yang tersebar di Bekasi dan Jakarta yang pernah saya kunjungi. Mudah-mudahan di masa mendatang mushalla di mal-mal lain bisa mencontoh mushalla di Plaza Semanggi ini.

Tapi alangkah lebih baiknya lagi bila di tempat –tempat umum seperti mal,gedung olahraga,gedung perkantoran,tempat-tempat pameran seperti JHCC membangun masjid yang indah dan bersih untuk shalat. Karena sesungguhnya shalat bisa menjadi obat bagi hati yang gelisah. Insyaallah setelah shalat hati menjadi lebih tenang,sejuk dan seimbang.
posted by fit @ 5:18 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Just Say It All!
:: About Me ::

Name: fit
Home: BeKaSi, Indonesia
About Me: "I'm kinda person who like to see the sunrise,the trees,the blue sky and the rainbow.--What A beautiful gift from Allah The Great that we should be grateful 4 that--"
See my complete profile

:: Menu ::
:: Moslem Space ::
:: News Space ::
:: Design & Copywriting ::
:: Writing Space ::
:: Creative Folks on Space ::
:: Add Some Space ::
:: Search Space ::
:: Previous Post ::
:: Archives ::
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER