Figure Out
Saturday, June 03, 2006
I dedicated this experience to all fresh graduates out there ……

Saat ini sepertinya masih kurang buku panduan yang bisa digunakan para fresh graduate untuk menghadapi kehidupan baru setelah lulus kuliah yaitu mencari pekerjaan. Akibatnya banyak fresh graduate yang mengalami kebingungan kemana mereka seharusnya melangkah atau pilihan-pilihan apa saja yang ada di luar sana. Saya berharap tulisan saya ini bisa menjadi panduan yang tepat bagi para fresh graduate.

Fresh Graduate So Fresh From The Oven ……

Alhamdullilah, akhirnya anda lulus kuliah ! Setelah berjuang keras menyelesaikan tugas akhir walaupun harus menghadapi dosen pembimbing yang super jutek hal tersebut tak menyurutkan semangat anda. Saya ucapkan Selamat! Rayakan keberhasilan anda! Sediakan waktu untuk berlibur! Setelah liburan usai pastinya anda sudah tidak sabar untuk bekerja di perusahaan impian. Nah, inilah saatnya memulai kehidupan baru sesudah lulus kuliah yaitu bekerja.

Ada yang menganggap dirinya seorang fresh graduate berarti dirinya benar-benar baru dan tidak tahu apa-apa tentang dunia kerja. Wah,ini bahaya, bagaimanapun jika ingin terjun ke dunia kerja haruslah punya keahlian. Setidaknya anda mempunyai keahlian bahasa asing, komputer dan keahlian lainnya sesuai bidang yang anda pilih. Selain itu anda juga harus percaya diri. Tapi jangan terlalu over pede. Sebab ada juga fresh graduate yang begitu percaya diri dan yakin sekali dirinya akan diterima di perusahaan mana saja. Tapi kenyataan berkata lain ternyata ia tidak diterima. Well, jadi orang yang pesimis sebaiknya jangan, tapi terlalu pede juga bahaya. Bahaya karena terlalu pede yakin akan diterima tapi ternyata tidak diterima malah bikin stress dan jadi kepikiran terus deh. So, jadi susah sendiri kan?

Dibawah ini saya akan menerangkan beberapa pertanyaan yang biasanya muncul dari seorang fresh graduate.
· Kapan waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan ke perusahaan?
Ada sebagian pendapat yang menilai banyak perusahaan membuka banyak lowongan di awal tahun. Tapi bukan berarti di pertengahan tahun tidak ada penerimaan karyawan baru. Anda juga bisa mencoba memasukkan lamaran ke perusahaan yang anda inginkan walaupun perusahaan tersebut tidak sedang membuka lowongan yang anda cari. Siapa tahu saja tiba-tiba dalam waktu dekat perusahaan tersebut membutuhkan tenaga anda.

· Apa boleh melamar pekerjaan pada saat surat ijazah D3/S1 belum keluar?
Sebenarnya bisa saja asal ada Surat Keterangan Lulus Sementara atau sebutkan saja kalau ijazah anda menyusul nantinya

· Saya bingung menentukan pekerjaan yang cocok untuk saya apa ya?
Tanyakan pada diri anda sendiri apakah hobi anda atau hal apa yang biasa anda lakukan ketika waktu luang. Bila waktu luang anda gunakan untuk menulis maka anda bisa menjadi seorang penulis (bisa penulis novel,penulis naskah iklan ataupun wartawan). Atau jika anda suka bertemu orang banyak dan pandai berkomunikasi maka bidang marketing cocok untuk anda. Namun untuk lebih yakinnya anda bisa menghubungi tempat konsultasi karir agar anda tahu bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan kepribadian anda.

· Isi surat lamaran yang bagus dan nggak pasaran seperti apa ya? Dan isi CV itu apa saja ya?
Untuk mengetahui teknik penulisan surat lamaran yang baik juga butuh latihan. Sebaiknya mulai latihan menulis surat lamaran dari sejak masih kuliah. Sebab dengan begitu kita bisa tahu format yang baik untuk menulis surat lamaran. Contoh surat lamaran bisa anda lihat di buku-buku bagaimana cara menulis surat lamaran . Mulailah dari format yang sederhana lalu beranjak ke surat lamaran yang agak canggih bahasanya.

2. Jangan buang-buang waktu dengan mengirimkan surat lamaran untuk lowongan kerja yang anda tidak sukai. Contohnya: Jika anda tidak menyukai pekerjaan yang monoton/seharian di balik meja kerja jangan mengajukan lamaran untuk posisi bagian sekretaris/bagian keuangan. Jika menyukai hal-hal baru dan kreatif anda bisa bekerja sebagai tour guide,wartawan atau desain grafis. Namun tidak menutup kemungkinan untuk anda terjun ke bidang yang bersebrangan. Hal itu kembali kepada kemampuan anda sendiri dan hanya andalah yang tahu itu. Jadi tetaplah terbuka pada kesempatan yang ada didepan mata.

3. Pelajari dahulu perusahaan yang akan anda masuki. Anda bisa mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut dari internet atau dari orang-orang yang mengenal perusahaan tersebut.


posted by fit @ 3:11 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Just Say It All!
:: About Me ::

Name: fit
Home: BeKaSi, Indonesia
About Me: "I'm kinda person who like to see the sunrise,the trees,the blue sky and the rainbow.--What A beautiful gift from Allah The Great that we should be grateful 4 that--"
See my complete profile

:: Menu ::
:: Moslem Space ::
:: News Space ::
:: Design & Copywriting ::
:: Writing Space ::
:: Creative Folks on Space ::
:: Add Some Space ::
:: Search Space ::
:: Previous Post ::
:: Archives ::
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER